SISTEM KEPUTUSAN PEMILIHAN MUSIK KOREA TERHADAP MUSIK LOKAL INDONESIA MENGGUNAKAN METODE Analytical Hierarchy Process (AHP)

  • Sudin Saepudin Universitas Nusa Putra
  • Muhamad Muslih Universitas Nusa Putra
  • Siti Solehah Universitas Nusa Putra
Keywords: Jenismusik, Korea Pop, Remaja, Analytical Hierarchy Process, PHP, MySQL

Abstract

ABSTRACT-Musik sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat khususnya dikalangan remaja. Dijaman sekarang ini begitu banyak aliran jenis musik yang mempuyai daya tarik tersendiri sehingga banyak digemari. Untuk mengetahui aliran jenis musik apa yang paling banyak digemari dikalangan remaja, perlu adanya sistem yang dapat menghitung secara objektif dari pendapat manusia yang subjektif. Sistem pendukung keputusan Pemilihan Musik Korean Pop Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process dapat digunakan untuk menentukan apakah Musik yang paling digemari telah sesuai atau tidak dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan metode Analytical Hierarchy Process mampu memberikan penilaian baik secara kualitatif maupun kuantitatif, metode Analytical Hierarchy Process mencari keputusan kondisi kriteria yang bentuknya hirarki atau bertingkat. Penelitian ini dapat membantu para penikmat musik untuk menilai setiap aliran jenis musik sesuai kriteria, adapun kriteria yang dibahas dalam penelitian ini mencakup Musik, Music Video dan Performance. Dimana hasil yang di dapat ialah Musik 11% , Musik Video 63% dan Performance 26%, artinya Music Video menempati peringkat pertama dalam kriteria pemilihan aliran jenis musik.

 

Jenismusik, Korea Pop, Remaja, Analytical Hierarchy Process, PHP, MySQL

Published
2021-01-31
How to Cite
Saepudin, S., Muslih, M., & Solehah, S. (2021). SISTEM KEPUTUSAN PEMILIHAN MUSIK KOREA TERHADAP MUSIK LOKAL INDONESIA MENGGUNAKAN METODE Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 3(1), 36 -. https://doi.org/10.52005/jursistekni.v3i1.67
Received 2020-12-14
Published 2021-01-31