ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN METODE TAM DAN EUCS

  • Arny Lattu Nusa Putra University
  • Sihabuddin
  • Wisuda Jatmika
Keywords: TAM, EUCS,E-learning, SEM, Kepuasan Pengguna

Abstract

Pandemic Covid 19 yang terjadi saat ini memberikan dampak besar terhadap berbagai aktivitas dalam kehidupan manusia. Salah satunya pada sektor pendidikan dan kegiatan pemebalajaran di sekolah. Kebijakan dari pemerintah tentang WFH (work from home) menjadikan proses kegiatan pembelajaran di sekolah dihentikan sejak maret 2020 sampai waktu yang belum ditentukan. SMP Kristen 2 Salatiga sebagai salah satu institusi pendidikan dituntut untuk mengikuti perubahan ini yaitu pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan platform pembelajaran e-learning.  Penelitian ini dilakukan dengan metode TAM dan EUCS dengan beberapa faktor yang akan dibahas dari metode TAM yaitu faktor Persepsi Kegunaan( Perceived usefulness), Persepsi Kemudahan Penggunaan (Perceived Ease of Use), Sikap (Attitude)  sedangkan dari metode EUCS yaitu Isi (Content), Akurasi( Accuracy), Tampilan( Format), Kemudahan( Ease), Ketepatan waktu( Timeliness). Kendala yang terjadi yaitu ketika pengguna tidak bisa memahami dengan benar cara penggunaan e-learning ini. Sehingga tentunya saja perlu dilakukan evaluasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya masalah tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII-IX SMP Kristen 2 Salatiga. Dengan menggunakan analisis SEM , maka hasil yang didapatkan terkait dengan kepuasan pengguna yaitu sebesar 82.7 % dari nilai R2 Square.  

Published
2022-02-10
How to Cite
Lattu, A., Sihabuddin, & Jatmika, W. (2022). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN METODE TAM DAN EUCS. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 4(1), 39-50. https://doi.org/10.52005/jursistekni.v4i1.115
Received 2022-01-27
Published 2022-02-10