ANALISIS SENTIMEN PENGGUNAAN APLIKASI VIDEO CONFERENCE PADA ULASAN GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE NBC (NAIVE BAYES CLASSIFIER)

ANALISIS SENTIMEN PENGGUNAAN APLIKASI VIDEO CONFERENCE PADA ULASAN GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE NBC (NAIVE BAYES CLASSIFIER)

  • M. Anton Permana Universitas NusaPutra
  • Selviani Widiastuti Universitas NusaPutra
  • sudin saepudin Universitas NusaPutra
Keywords: Analisis Sentimen, Aplikasi Video Conference, Covid-19, Google Play Store, NBC (Naïve Bayes Classifier).

Abstract

Komunikasi saat ini merupakan kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial. Sesuai dengan kemajuan teknologi, komunikasi dapat berupa pesan instan seperti whatsapp, telegram dan video conference. Dengan layanan video conference pengguna dapat melakukan komunikasi tatap muka secara online dengan pengguna lain. Semenjak adanya pandemi covid-19 aplikasi video conference telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, karena mereka diharuskan menjalani aktivitasnya di rumah untuk sementara, seperti bekerja hingga proses belajar-mengajar. Maka dari itu masyarakat menggunakan aplikasi video conference guna menunjang proses diskusi, yang mengakibatkan aplikasi video conference mengalami lonjakan jumlah unduhan. Bahkan sampai saat ini aplikasi video conference masih banyak digunakan walaupun pandemi covid-19 sudah menyusut. Pada google play store biasanya sebelum memutuskan untuk mengunduh aplikasi, pengguna sering melihat rating dan membaca ulasan terlebih dahulu.  Karena memiliki jumlah unduhan dan rating yang hampir sama, sehingga membuat predikat sebagai aplikasi terbaik menjadi kurang relevan. Untuk mengetahui aplikasi video conference mana yang memiliki predikat terbaik maka dilakukan analisis sentimen pada beberapa aplikasi video conference di google play store. Analisis ulasan pengguna ini menggunakan metode NBC (Naïve Bayes Classifier). Setelah melakukan pengumpulan data yang berjumlah 9000 ulasan yang didapat dari masing-masing aplikasi yakni sebanyak 3000 ulasan, hasil dari proses analisis data menunjukan bahwa tingkat keakuratan tertinggi untuk aplikasi video conference yaitu Webex Meeting sebesar 87%, Zoom Cloud Meetings sebesar 80%, dan Google Meet sebesar 79%.

Published
2023-01-24
How to Cite
Permana, M. A., Widiastuti, S., & saepudin, sudin. (2023). ANALISIS SENTIMEN PENGGUNAAN APLIKASI VIDEO CONFERENCE PADA ULASAN GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE NBC (NAIVE BAYES CLASSIFIER). Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 5(1), 178-191. https://doi.org/10.52005/jursistekni.v5i1.178
Received 2022-12-13
Accepted 2023-01-20
Published 2023-01-24