SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMASUKAN DAN PENGELUARAN KAS MENGGUNAKAN METODE ZACHMAN FRAMEWORK (Studi Kasus: Koperasi Turus Karya Mandiri)

  • mupaat
  • salsa lisna
  • falentino sembiring
  • cecep warman
Keywords: Zachman Framework, Koperasi, Sistem Informasi Manajemen

Abstract

Koperasi Turus Karya Mandiri, yang berlandaskan hukum di dalam wilayah Republik Indonesia dan berdiri pada tanggal 16 April 2020 di Sukabumi Jawa Barat, adalah usaha bersama yang bergerak dibidang jasa produksi hasil pertanian, perkebunan dan menampung hasil pertanian dari kelompok tani maupun petani di wilayah Sukabumi Jawa Barat. Adapun permasalah dalam penelitian ini ialah banyaknya data – data pemasukan dan pengeluaran kas koperasi yang hilang. Penyebab terjadinya data – data hilang karena belum adanya sistem terkomputerisasi, data tersebut masih tersimpan dalam tumpukan kertas – kertas tanpa adanya back up file di sistem. Maka menghambat banyak memakan waktu untuk pekerja pada saat mencari data yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat Sistem Informasi Manajemen serta memberikan rekomendasi terhadap sistem pemasukan dan pengeluaran kas pada Koperasi Turus Karya Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode Zachman Framework. Hasil dari penelitian ini aplikasi sistem informasi pemasukan dan pengeluaran kas pada Koperasi Turus Karya Mandiri digunakan untuk pendataaan barang, pendataan transaksi, pendataan pengeluaran. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat membuat pengurus koperasi lebih efektif dan efisien.

 

Kata Kunci: Zachman Framework, Koperasi, Sistem Informasi Manajemen

Published
2023-10-01
How to Cite
mupaat, lisna, salsa, sembiring, falentino, & warman, cecep. (2023). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMASUKAN DAN PENGELUARAN KAS MENGGUNAKAN METODE ZACHMAN FRAMEWORK (Studi Kasus: Koperasi Turus Karya Mandiri). Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 5(3), 263-274. https://doi.org/10.52005/jursistekni.v5i3.211
Received 2023-06-12
Published 2023-10-01

Most read articles by the same author(s)