Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Absensi Pada PT Wahana Persada Transport Menggunakan Metode Waterfall Dan UML (Unified Modelling Language)

  • Dimas Silpandi Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hansen Mihardi Universitas Muhammadiyah Riau
  • Edo Arribe Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Sistem Informasi, Absensi, Air terjun, UML

Abstract

Absensi merupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah perusahaan. Absen digunakan sebagai indikator untuk mengukur ketepatan waktu kehadiran karyawan. PT Wahana Persada Transport merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi. Perusahaan ini masih menggunakan proses absensi manual sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan pendataan absensi, jam keluar, dan rekapitulasi absensi karyawan. Hal ini mempengaruhi akurasi data absensi dan kredibilitas data yang digunakan untuk pembuatan laporan absensi pegawai. Berdasarkan permasalahan tersebut dapat disimpulkan bahwa PT Wahana Persada Transport membutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat mengelola data absensi karyawan. Sistem informasi absensi ini dirancang dengan menggunakan metode waterfall dan menggunakan UML (Unified Modelling Language) sebagai alat bantu dalam tahapan analisis dan perancangan sistem. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan dapat membantu PT Wahana Persada Transport dalam mengelola data kehadiran karyawan sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Kata Kunci : Sistem Informasi-1, absensi-2 waterfall-3

Author Biography

Hansen Mihardi, Universitas Muhammadiyah Riau

Mahasiswa semester 2 Prodi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer 

Published
2024-01-10
How to Cite
Silpandi, D., Mihardi, H., & Arribe, E. (2024). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Absensi Pada PT Wahana Persada Transport Menggunakan Metode Waterfall Dan UML (Unified Modelling Language). Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 6(1), 373-381. https://doi.org/10.52005/jursistekni.v6i1.266
Received 2023-08-12
Published 2024-01-10