SISTEM PEMILIHAN PARFUM DENGAN METODE ANALYTICAL HIERRACHY PROCESS

  • Qurota A'ayuni sma al-furqon
Keywords: Merek Parfum, Perempuan, Analytical Hierarchy Process

Abstract

Pengguna parfum yang dominasi oleh kaum perempuan dibuat kebingungan dengan banyaknya pemilihan merek parfum dipasaran, dalam menentukan pilihan tersebut perlu adanya sistem yang dapat menghitung secara objektif dari pendapat manusia yang subjektif. Sistem pendukung keputusan pemilihan merek parfum pada perempuan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process dapat digunakan untuk menentukan apakah merek parfum yang akan dibeli telah sesuai atau tidak dangan kualifikasi yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan metode Analytical Hierarchy Process mampu memberikan penilaian baik secara kualitatif maupun kuantitatif, metode Analytical Hierarchy Process mencari keputusan kondisi kriteria yang bentuknya hirarki atau bertingkat. Penelitian ini dapat membantu calon pembeli menilai setiap merek parfum sesuai dengan kriteria, adapaun kriteria yang dibahas dalam penelitian ini mencakup Aroma, Harga, Komposisi dan Kemasan. Dimana hasil yang didapat ialah aroma 46%, Harga 27%, Komposisi 17%, dan Kemasan 10%, artinya aroma menempati peringkat pertama dalam kriteria pemilihan merek parfum.

Published
2020-05-09
How to Cite
A’ayuni, Q. (2020). SISTEM PEMILIHAN PARFUM DENGAN METODE ANALYTICAL HIERRACHY PROCESS. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 2(2), 1-13. https://doi.org/10.52005/jursistekni.v2i2.42
Received 2020-05-05
Accepted 2021-03-25
Published 2020-05-09