SISTEM REKOMENDASI PRODUK UKM DI KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN ALGORITMA COLLABORATIVE FILTERING

  • Fajar Nugroho UNIKOM
  • Mina Ismu Rahayu
Keywords: Collaborative Filtering, UKM, Mobile Android

Abstract

Sistem rekomendasi produk UKM (UKM Recmarketing) di kota Bandung menggunakan algoritma collaborative filtering merupakan aplikasi yang dapat mengorganisir, menginformasikan dan mempromosikan produk – produk dari UKM serta merekomendasikan item berdasarkan kemiripan antar user yang telah melakukan pembelian produk.

Metodologi pembangunan perangkat lunak menggunakan metode Extreme Programming (XP) terhadap masalah yang timbul pada pengorganisasian UKM dan pemasaran produk serta rekomendasi produk.

Aplikasi terbagi menjadi 2 bagian yaitu web server sebagai pusat data dan aplikasi android untuk pengguna client mobile. Aplikasi ini menggunakan  sebuah framework Code Igniter (CI) dari sisi web servernya dan web services API (Application Programming Interface) yang digunakan yaitu Restful serta dari sisi androidnya menggunakan  bahasa  pemrograman  Java, adapun dari pertukaran  data  antara  client dengan  server  menggunakan  JSON untuk mendukung kinerja sistem sehingga resiko operasional dapat berkurang.

Adapun aplikasi nantinya akan memudahkan para UKM untuk memasarkan produk – produknya dengan lebih mudah, dengan data produk yang lebih teroganisir dan  memudahkan kepada para customers untuk mencari produk dan menemukan produk yang dibutuhkannya serta customers mendapatkan penawaran – pewaran diskon.

Published
2020-09-30
How to Cite
Nugroho, F., & Ismu Rahayu, M. (2020). SISTEM REKOMENDASI PRODUK UKM DI KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN ALGORITMA COLLABORATIVE FILTERING. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 2(3), 23-31. https://doi.org/10.52005/jursistekni.v2i3.63
Received 2020-09-22
Accepted 2020-09-30
Published 2020-09-30