PENGELOMPOKKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE CLUSTERING K-MEANS

Keywords: Augmented reality, Katalog elektronik, Promosi, Android

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat. terutama pada usia anak sekolah dalam penelitian ini menggunakan objek yaitu SD N dalam 1 kec. Talun untuk mengelompokan hasil belajar siswa dalam 1 Kec. Talun. Penelitian ini menerapkan algoritma k-means dengan menggunakan tools RapidMiner untuk mengelompokan hasil belajar siswa. Data di gunakan SD N dalam 1 Kec.Talun data siswa kelas IV dan V sebanyak 743 siswa. Menentukan cluster terbaik menggunakan metode elbow maka dari data tersebut akan menghasilkan jumlah cluster terbaik K=4. Tujuan ingin dicapai adalah untuk mengetahui keefektifan clustering dalam mengelompokan siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Maka dari penelitian ini mendapatkan 4 cluster dengan atribut IPS, Bhs.Indo, Olahraga dan MTK dengan masing-masing cluster memiliki rata-rata pada centroid cluster0 (81,51), cluster1(77,30), cluster2(87,01) dan cluster3 (80,96). Maka dapat disimpulkan dari penelitian ini siswa yang mendapatkan hasil belajar yang sangat baik pada cluster2 dan hasil belajar kurang baik pada cluster1.

Published
2022-06-15
How to Cite
Saeful Anwar, Suprapti, T., Dwilestari, G., & Ali, A. (2022). PENGELOMPOKKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE CLUSTERING K-MEANS . Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 4(2), 60-72. https://doi.org/10.52005/jursistekni.v4i2.99
Received 2021-11-12
Published 2022-06-15