SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MERK PARFUM PADA WANITA MENGGUNAKAN METODE AHP

Sistem Pendukung Keputusan

  • erwan herdianto erwan politeknik bina budaya cipta
  • sihabudin sihabudin
  • Sudin Saepudin
Keywords: Brand Perfume, Women, Analytical Hierarchy Process

Abstract

Pengguna parfum yang didominasi oleh wanita dibuat bingung dengan banyaknya pilihan merek parfum di pasaran, dalam menentukan pilihan tersebut diperlukan suatu sistem yang dapat menghitung secara objektif dari opini subjektif manusia. Sistem pendukung keputusan pemilihan merek parfum pada wanita dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dapat digunakan untuk menentukan apakah merek parfum yang akan dibeli sesuai atau tidak memenuhi syarat. Hal ini karena metode proses hirarki analitis mampu memberikan penilaian baik kualitatif maupun kuantitatif, Metode Proses Hirarki Analitik mencari keputusan kriteria kondisi yang membentuk hierarki atau bertingkat. Penelitian ini dapat membantu calon pembeli menilai setiap merek parfum sesuai dengan kriteria, serta kriteria yang dibahas dalam penelitian ini meliputi Aroma, harga, komposisi dan kemasan. Dimana hasilnya adalah aroma 46%, harga 27%, komposisi 17%, dan kemasan 10%, artinya aroma menempati urutan pertama dalam kriteria pemilihan merek parfum.

Kata kunci: Parfum Merek, Wanita, Analytical Hierarchy Process

Published
2022-09-06
How to Cite
erwan, erwan herdianto, sihabudin, sihabudin, & Saepudin, S. (2022). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MERK PARFUM PADA WANITA MENGGUNAKAN METODE AHP. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 4(3), 99-105. https://doi.org/10.52005/jursistekni.v4i3.155
Received 2022-07-08
Published 2022-09-06